Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics

Senin, 13 April 2009

PANDUAN HIBAH KOMPETITIF PERCEPATAN PENINGKATAN MUTU PERGURUAN TINGGI SWASTA SEHAT

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dalam mendukung upaya meningkatkan daya saing bangsa melalui peningkatan kualitas pendidikan tinggi telah mengupayakan berbagai inisiatif dan program. Inisiatif dan program dimaksud tidak hanya ditujukan bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tetapi Juga bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Keberadaan PTS salah satunya akan dapat membantu terhadap upaya peningkatan Angka Partisipsi Kasar (APK) perguruan tinggi. Salah satu program yang khusus ditargetkan bagi PTS adalah berupa Hibah Kompetitif Percepatan Mutu Perguruan Tinggi Swasta Sehat yang dikelola oleh Direktorat Kelembagaan pada Tahun Anggaran 2009.

Program Hibah Kompetitif Percepatan Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Swasta Sehat dimaksudkan untuk memberi kesempatan bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk meningkatkan daya saing mereka sebagai lembaga atau institusi yang diharapkan dapat menghasilkan mutu lulusan yang memiliki ketrampilan dan daya saing tinggi.
Dari hasil “Webometric World Universitie’s Ranking on the Web” diperoleh data bahwa beberapa PTS pada kenyataannya telah memiliki peringkat yang tidak kalah dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) misalnya UGM, ITB, maupun UI. Namun demikian dari total sekitar 2700-an PTS yang ada masih banyak yang belum mampu melaksanakan perannya untuk mengembangkan proses pembelajaran yang bermutu yang didukung oleh sarana prasarna yang memadai serta sumber daya manusia berupa dosen yang memilki kompetensi yang dipersyaratkan.
Secara filosofis Hibah Kompetitif Percepatan Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Swasta Sehat ini pada dasarnya diarahkan untuk membantu PTS dalam rangka menumbuhkembangkan kemampuan institusi dan kelembagaan yang difokuskan kepada pengembangan sumberdaya manusia, pengadaan sarana dan prasarana, infrastruktur, manajemen. Adapun tujuan jangka panjang dari pemberian hibah ini adalah peningkatan kompetensi dan kualitas lulusan mahasiswa yang bermuara pada kemungkinan peningkatan pemeringkatan khususnya bagi PTS-PTS.

Isu utama yang dijadikan sorotan dalam pemberian hibah bagi PTS-PTS ini adalah pengembangan institusi dan kelembagaan perguruan tinggi sehingga mencapai ambang yang kondusif untuk peningkatan kualitas berbagai aspek pembelajaran,sarana dan prasarana. Institusi pengusul diharuskan melakukan proses seleksi kebutuhan internal yang transparan untuk menetapkan skala prioritas. Kriteria utama yang dapat digunakan sebagai dasar pemilihan skala prioritas adalah kecermatan dalam mengusulkan kegiatan-kegiatan yang berfokus pada usaha mengatasi permasalahan kualitas penyelenggaraan pendidikan dalam jangka waktu setahun. Kriteria lain yang sangat diperlukan adalah informasi kebutuhan institusi tersebut dan berpeluang untuk kerjasama karena adanya unggulan-unggukan spesifik yang dimiliki serta langkah-langkah startegis untuk mengembangkan unggulan tersebut dalam waktu yang relatif singkat.

Pada akhir Program Hibah Kompetitif Percepatan Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Swasta Sehat diharapkan tercipta satu budaya kerja yang baik (good practice) dalam institusi yang dapat terus dipelihara dan ditingkatkan di lingkungan perguruan tinggi pengusul.
TUJUAN
1.Meningkatkan kompetensi dan kualitas lulusan mahasiswa yang bermuara pada kemungkinan peningkatan pemeringkatan khususnya bagi PTS-PTS.

2.Mengembangkan institusi dan kelembagaan perguruan tinggi sehingga mencapai ambang yang kondusif untuk peningkatan kualitas berbagai aspek pembelajaran,sarana dan prasarana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar